Cara Mengetahui Tipe Partisi MBR atau GPT di Windows 10 dengan PowerShell - MediaKulo
News Update
Loading...

Wednesday 23 October 2019

Cara Mengetahui Tipe Partisi MBR atau GPT di Windows 10 dengan PowerShell



Mediakulo - Cara Mengetahui Tipe Partisi MBR atau GPT di Windows 10 dengan PowerShell - Di Windows 10, kamu bisa menggunakan dua tipe partisi yaitu Master Boot Record (MBR) atau GUID Partition Table (GPT). MBR dan GPT sendiri memiliki perbedaan. Dimana MBR sudah digunakan sejak lama, dan kompatible dengan Windows versi lawas, tetapi terdapat keterbatasan, dimana hanya mendukung ukuran ruang penyimpanan maksimal 2TB.

Dilain pihak, GPT hadir dengan mengatasi masalah keterbatasan pada MBR, dimana tidak ada batasan ukuran ruang penyimpanan yang membatasi.

Jika kamu ingin menjalankan arsitektur 64-bit di Windows 7, Windows 8.1 atau Windows 10 pada perangkat yang menggunakan firmware Unified Extensible Firmware Interface (UEFI), maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan GPT. Tetapi jika kamu membutuhkan kompatibilitas karena menggunakan perangkat yang lawas (biasanya menggunakan Legacy), maka MBR bisa menjadi pilihan.

Baca Juga : Cara Mengetahui Tipe Partisi MBR atau GPT di Windows 10 dengan Command Prompt

Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mengetahui tipe partisi yang ada. Karena hal ini perlu diketahui pada kasus tertentu, misalnya pada saat ini installasi Windows.

Pada artikel kali ini, kamu akan mengetahui bagaimana cara mengetahui tipe partisi yang digunakan di Windows 10 dengan menggunakan PowerShell.

Mengetahui Tipe Partisi MBR atau GPT di Windows 10 dengan PowerShell



  • Buka PowerShell as Administrator.
  • Ketikan perintah Get-Disk untuk menampilkan daftar disk yang tersedia.
  • Ketika daftar disk yang tersedia tampil, kamu dapat melihat pada bagian kolom Partition Style. Dimana akan tertulis tipe partisi yang digunakan, antara GPT atau MBR.



  • Done.


Itu lah Cara Mengetahui Tipe Partisi MBR atau GPT di Windows 10 dengan PowerShell. Cara ini juga bisa diaplikasikan pada versi Windows lainnya seperti Windows 7 ataupun Windows 8.x. Terus kunjungi MediaKulo agar tidak ketinggalan tips windows lainnya.

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done